Setelah sukses pada tahun sebelumnya, Jakarta Fashion Week 2012 kembali digelar di Pacific Place, Jakarta. Pergelaran industri mode terakbar se-Asia Tenggara ini jatuh pada tanggal 12-18 November 2011. Selain bertujuan untuk memajukan industri mode dalam negeri, event ini juga dijadikan sebagai pencanangan Jakarta dan Indonesia sebagai salah satu pusat Mode di Asia.

JFW telah menunjukkan peranan pentingnya dalam pengarahan mode terkini di Indonesia selama 3 tahun pelaksanannya. Indonesia memiliki potensi mode yang kian berkembang dan menjadi komoditi utama perdagangan lokal dan global. Secara keseluruhan hal ini dilihat oleh JFW 2012.

“Selama tujuh hari ke depan, kita akan menyaksikan karya-karya terbaik para desainer kebanggaan bangsa. Sebagai fashion week utama di Indonesia , JFW 2012 akan menjadi gerbang bagi para desainer untuk mewarnai panggung-panggung mode dunia. Ajang ini akan mempertemukan mereka dengan para buyer dan jurnalis dari berbagai negara, sekaligus berinteraksi dengan para desainer mancanegara. Bagi para pecinta fashion, JFW 2012 tentu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu karena karya-karya para desainer dalam acara ini akan mengantarkan arahan mode tahun 2012 di Indonesia. Inilah yang akan membuat industri kreatif di negeri kita terus berkembang dan maju,” ujar Svida Alisjahbana, selaku Ketua Umum JFW 2012.

Lebih dari 50 show dan 180 desainer akan ikut berpartisipasi pada pergelaran ini, diantaranya termasuk puluhan buyer internasional seperti Inggris, Australia, dan Taiwan. Desainer mancanegara, mulai dari Malaysia, Singapura, Thailand, Meksiko, Jerman, hingga Inggris, menghadirkan koleksi dan berada pada panggung yang sama bersama dengan para desainer lokal. Hal ini diharapkan akan meniupkan hawa inspirasi baru dan memberi pemahaman mengenai selera konsumen global.

JFW 2012 kali ini bertepatan dengan penyelenggaraan Sea Games dan ASEAN Summit di Bali. Maka dari itu, 4 desainer top ASEAN – Ashley Isham dari Singapura, Bernard Chandran dari Malaysia, Biyan Wanaatmadja dari Indonesia, Tube Gallery dari Thailand. Opening show bertemakan Alliance of Beauty merupakan sebuah wujud perayaan atas kesuksesan desainer-desainer ASEAN yang sudah mendunia.

Teks Novi DJ Foto Vaesy

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP