Kini, Milenial Makin Doyan Pakai Gaun Pengantin Tradisional

 

Foto: Weddingku


Zaman memang semakin modern, namun bukan berarti tradisi bisa hilang begitu saja. Masuknya budaya luar ke Indonesia tak menggoyahkan banyak pengantin muda ‘zaman now’ untuk lebih memilih menggunkan busana tradisional ketimbang busana internasional.


Ada berbagai alasan mengapa pengantin saat ini kian banyak yang menggunakan busana pengantin tradisional, pertama karena keunikan dan keelokan busananya sendiri, selain itu juga karena permintaan keluarga pengantin yang masih memegang teguh tradisi dan budayanya.


Tak dipungkiri, beragam kalangan masyarakat berbondong-bondong menggelar pernikahan mereka secara tradisional mulai dari masyarakat biasa, anak petinggi negara hingga selebriti Tanah Air. Tentu hal ini memiliki beberapa alasan. Berikut beberapa di antaranya.


Melestarikan budaya
Semakin hari, budaya Indonesia semakin terkikis dengan perkembangan zaman. Bahkan banyak anak muda kini tidak tahu dengan budaya nenek moyang mereka. Makanya, dengan menikah dan menggunakan baju adat tradisional, milenial yang peduli dengan kebudayaan Indonesia turut melestarikan budayanya sendiri dan kembali memperkenalkan budaya tersebut ke orang lain.


Lebih khusyuk
Bak membeli barang impian dengan uang sendiri, pasti rasanya akan berbeda jika membeli barang tersebut dengan uang orang lain. Begitupun dalam pernikahan, Anda akan merasakan sensasi berbeda saat menikah menggunakan prosesi dan adat yang Anda anut selama ini, lebih husyuk mungkin.


Mudah didapat
Busana tradisional biasanya tak akan dikenakan kembali di kemudian hari. Ya, karena busana tersebut memang khusus dipakai saat hari pernikahan saja. Berbeda dengan gaun internasional yang mungkin masih bisa Anda pakai di lain waktu dengan sedikit memodifikasinya agar terlihat lebih sederhana.


Oleh sebab itu, biasanya Anda akan menyewa gaun tradisional ini di sanggar-sanggar busana pengantin. Sanggar ini sangat mudah ditemukan di mana saja. Bahkan, walaupun sanggar pengantin berada di daerah tertentu, tapi mereka memiliki hampir semua jenis busana adat Indonesia. Jadi, walaupun Anda tinggal di kota berbeda, busana pengantin tradisional Anda masih akan mudah didapat.


Hemat bujet
Kebanyakan pengantin yang menggunakan gaun internasional untuk pernikahan mereka pasti membuat gaun tersebut khusus atau membelinya. Mereka akan menyediakan bujet sendiri untuk gaun pengantin. Sedangkan jika Anda menggunakan busana tradisional, Anda bisa menyewanya saja. Tentu hal ini akan sangat menghemat pengeluaran Anda dan bisa mengalokasikan dana tersebut untuk dana bulan madu misalnya.


Busana yang unik
Saking uniknya, busana peernikahan tradisional ini hanya bisa dikenakan saat pernikahan saja. Setiap daerah memiliki keunikannya sendiri dalam berbusana, misalnya busana Minang dengan suntiangnya atau busana adat Betawi dengan siangkonya, dan masih banyak lagi keunikan baju pengantin tradisional khas Nusantara lainnya.

Busana Tradisional, Gaun Pernikahan

LEAVE A COMMENT


BACK
TO TOP