'Pesona Batik Wastra Nusantara' di Mal Kelapa Gading

Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober selalu disambut dengan beragam acara di seluruh Indonesia. Kebanggaan akan budaya bangsa yang telah diakui secara resmi oleh Unesco ini seperti melekat di setiap warga Negara Indonesia, menjadikan Oktober sebagai bulan yang berhias batik di setiap tempat.

Salah satunya adalah acara yang digelar oleh Summarecon Mal Kelapa Gading (MKG). Pada tanggal 26 September – 7 Oktober 2018, MKG mempersembahkan acara tahunan bertajuk ‘Pesona Batik Wastra Nusantara’. Seperti dikatakan Tommy L., Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading,“MKG terus menghadirkan event ini dengan tujuan untuk dapat semakin memperkaya wawasan masyarakat akan wastra Indonesia, khususnya batik, sekaligus berkontribusi untuk semakin meningkatkan eksistensi industri lokal. Salah satu hal baru yang kami tampilkan tahun ini adalah ekshibisi Selendang Indonesia. Jika batik biasanya populer sebagai busana atau kain untuk fashion draping, kali ini kami pamerkan keindahan selendang Indonesia berbahan batik.”

Beragam acara pun dihadirkan selama 12 hari event ini berlangsung, seperti Bazaar Gallery Batik yang didukung oleh Adi Wastra Nusantara, yaitu bazar batik yang memberikan banyak variasi pilihan batik dengan kualitas terbaik dari para pengrajin pengusaha batik ternama, seperti Padi dari Jakarta, Pesona Batik Madura dari Madura, Canting Wira SRBY dari Surabaya, RPG Batik Sutera Garut dari Garut, Batik Cahyo dari Pekalongan, Batik Tatik Sriharta dari Solo, Galeri Batik Jawa dari Yogyakarta, dan lainnya.

Pameran bertajuk ‘Selendang Indonesia’ serta Batik Fashion Parade by Indonesian Designers juga akan digelar di area The Forum, MKG 3 lantai dasar. Beberapa desainer ternama ikut berpartisipasi di acara ini seperti Purana Indonesia (29 September 2018), Mahadewi (30 September 2018), serta Handy Hartono (7 Oktober 2018).

Turut melengkapi acara ini, berbagai kerajinan tangan hadir di Craft Village. Di sini pengunjung bisa mengikuti Craft & Ideas Workshop bersama Rumah Sanur dari Bali yang terkenal sebagai creative hub di Sanur, Wastra Loka dari Yogyakarta yang mengaplikasikan motif wastra nusantara pada media selain kain, juga Heart Lab dari Bali yang brekreasi menggunakan kertas daur ulang.

Dimeriahkan oleh artis papan atas Indonesia yaitu Andien pada 29 September 2018 dan Angel Pieters pada 6 Oktober 2018, pengunjung juga dimanjakan dengan shoppers Program, sebuah shopping rewards berupa voucher belanja Rp 50.000,- untuk pembelian minimum Rp 750.000,- di Bazaar Gallery Batik.

Foto : Vaesy

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP