Tata Rias Pengantin Batak Mandailing

Kemegahan yang sarat dengan keindahan. Sepertinya ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keseluruhan tampilan pengantin wanita Batak Mandailing. Mahkota yang tinggi menjulang begitu cantik menghias kepala pengantin wanita.

Tata Rias Pengantin Wanita Batak Mandailing

Mahkota menyerupai tanduk kerbau, yang biasa disebut bulang, tinggi menjulang berpadu indah dengan baju godang atau baju kurung hitam bersulam ragam hias keemasan. Tinggi rendahnya bulang menunjukkan tingkat sosial pemakainya. Bila pengantin mengenakan bulang bertingkat lima atau tujuh, artinya keluarga mengadakan pesta besar-besaran dengan memotong kerbau. Namun bila keluarga hanya menyelenggarakan pesta sederhana dan hanya memotong kambing, bulang yang dikenakan pun lebih rendah, yaitu bertingkat tiga.

Tata Rias Pengantin Pria Batak Mandailing

Serupa dengan pengantin wanita, pengantin pria Mandailing pun memiliki tutup kepala yang khas, yang disebut ampu/hampu. Terbuat dari bahan beludru dengan ornamen emas, ampu merupakan mahkota yang dikenakan oleh raja-raja Mandailing di masa lampau. Warnanya yang hitam dengan ornament keemasan selaras dengan busana yang juga berwarna hitam.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP