A Unique yet Mesmerizing Underwater Wedding Ceremony at Trang, Thailand.

Ini dia kisah selengkapnya!

The Famous Trang Underwater Wedding
Pada bulan Februari yang juga dikenal sebagai bulan penuh cinta, Trang Chamber of Commerce bekerja sama dengan Provinsi Trang, Kotamadya Trang dan Tourism Authority of Thailand menyelenggarakan perayaan 20th Anniversary of Trang Underwater Wedding 2016 pada tanggal 12-14 Februari 2016. Trang Underwater Wedding merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan upacara pernikahan tradisional Thailand kepada dunia, sekaligus mempromosikan pariwisata di provinsi Trang yang terkenal akan pantai dan keindahan bawah lautnya yang memukau. Kini, pernikahan di bawah laut yang unik ini semakin terkenal karena telah menarik tidak hanya perhatian masyarakat setempat tapi juga turis asing, bahkan mendapat perghargaan dari The Guiness World Records sebagai “The Largest Underwater Wedding Ceremony” pada tahun 2000. Ada yang spesial pada 20th Anniversary of Trang Underwater Wedding Ceremony 2016 ini yaitu selain memberi kesempatan kepada 20 pasangan yang semuanya merupakan masyarakat asli Thailand untuk menikah di bawah laut Provinsi Trang yang indah, para wisatawan juga dapat menyaksikan peluncuran Stasiun Kereta Bawah Laut Andaman yang merupakan stasiun kereta bawah laut pertama dan satu-satunya di Thailand.




Dinner and “Kin-Neow” Ritual on Wedding Eve

Dalam acara 20th Anniversary of Trang Underwater Wedding Ceremony 2016, keduapuluh pasangan pengantin mengikuti serangkaian kegiatan penuh makna selama tiga hari. Di hari pertama, pagi pada tanggal 12 Februari 2016, para pengantin dibawa mengunjungi Princess Srinakarin Park 95 dan melakukan upacara menanam tanaman kerajaan yang dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi pasangan pengantin. Setelah itu, para pengantin juga diajak berkunjung ke Toko Kue Kuk Ming-Lum Phura yang merupakan toko kue paling terkenal di Trang. Mereka tidak hanya dapat melihat proses pembuatan kue, tapi juga ikut membuat kue bolu yang terkenal paling laris di Toko Kue Kuk Ming-Lum Phura. Setelah para pengantin beristirahat sejenak, mengganti kostum, memperbaiki make-up dan tatanan rambut di Hotel Thumrin Thana, acara kembali dilanjutkan pada sore harinya dengan mengunjungi Dugong Fountain, 3D street art painting dan Trang Clock Tower untuk berfoto bersama. Dan akhirnya, hari pertama acara 20th Anniversary of Trang Underwater Wedding Ceremony 2016 ditutup dengan acara makan malam di Hotel Thumrin Thana. Dua orang penari Thailand terlihat membuka acara dengan tarian yang lemah gemulai menyambut para pengantin yang memasuki ballroom hotel dan dilanjutkan dengan tarian iring-iringan. Sebelum acara makan malam dimulai, ada ritual menarik yang dilakukan oleh para pasangan pengantin peserta underwater wedding ceremony, yaitu memakan kin-neow. Kin-neow adalah makanan terbuat dari nasi ketan yang disajikan dengan kari ayam dan krim kelapa yang manis. Para pasangan pengantin terlihat saling menyuapi nasi ketan dengan mesra. Ritual memakan nasi ketan mempunyai makna agar cinta para pasangan tersebut dapat tetap lengket seperti nasi ketan. Selama acara makan malam, wartawan, para tamu, dan kerabat yang hadir tidak hanya disuguhi dengan berbagai macam makanan Thailand yang lezat, tapi juga dihibur dengan tari-tarian khas Thailand Selatan yang mengagumkan.



Underwater Wedding Ceremony

Keesokan harinya, pada tanggal 13 Februari 2016, tibalah saatnya melakukan upacara pernikahan di dalam laut! Pada pagi hari, kedua puluh pasangan pengantin, berkumpul di Pak Meng Pier dan berfoto bersama terlebih dahulu sebelum berangkat menuju lokasi acara pernikahan. Setelah selesai berfoto bersama, para pasangan pengantin pun diantarkan sebuah kapal berwarna pink ke sebuah kapal besar lainnya untuk bersiap-siap menyelam dan melakukan upacara pernikahan di bawah laut. Ada pasangan yang menggunakan baju diving, ada juga pasangan yang memilih untuk tetap mengenakan gaun pengantin yang serba putih untuk pernikahan mereka di bawah laut. Setiap pasangan secara bergantian akan dibimbing ke Andaman Underwater Train Station yang terletak di bawah laut di Pulau Koh Waen, Kantang Distrct dengan kedalaman laut mencapai 18 meter. Di bawah laut, pasangan pengantin diberkati menurut agama Buddha dan ada ritual tradisi Thailand yang dilakukan yaitu menuangkan air berkilau berwarna pink ke atas tangan mereka. Setelah sah, pasangan tersebut akan menandatangani dan mendapatkan sertifikat pernikahan. Pada sore harinya, diselenggarakanlah pesta resepsi pernikahan di tepi pantai di Anantara Si Kao Resort and Spa. Para pengantin yang sudah berganti pakaian dengan busana yang lebih kasual dapat menikmati sajian makanan laut yang sangat menggugah selera sambil bercengkrama dengan para tamu undangan. Pemandangan sunset di tepi pantai yang mempesona dan iringan musik jazz pun turut membuat suasana pesta menjadi sangat romantis!



Trang Province & The History of Trang Underwater Wedding

Terletak di sepanjang pesisir laut Andaman, Provinsi Trang merupakan provinsi yang memiliki keindahan alam yang kaya dan sangat mengagumkan. Peti-peti permata yang terbentuk secara alamiah, bukit-bukit hutan hujan tropis dan batu-batuan stalaktit dan stalagmit yang memukau menjadikan provinsi Trang sebuah destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tidak lupa juga dengan keindahan bawah laut Trang yang sangat fantastis, dimana terdapat terumbu-terumbu karang yang menjadi habitat bagi tumbuhan dan binatang-binatang laut yang eksotis. Berawal pada tahun 1996, ada sepasang pria dan wanita yang saling jatuh cinta saat berpartisipasi dalam acara eco-tourism yang pertama yang saat itu diberi nama “Returning the Natural Beauty to Coral Reef”. Terinspirasi dengan kisah cinta pasangan tersebut yang romantis, acara eco-tourism tersebut kemudian berkembang menjadi “Underwater Wedding”. Trang Underwater Wedding yang pertama digagas oleh Khun Yongyudh Vichaidit (Gubernur Trang pada saat itu) dan Khun Surin Tohtubtiang (President of The Trang Chamber of Commerce pada saat itu) untuk mewujudkan impian para pasangan yang ingin menikah di bawah laut. Sejak saat itu, Trang Underwater Wedding diadakan setiap tahun dan membuat Provinsi Trang dikenal luas sebagai tanah penuh cinta.




Fact about Trang Underwater Wedding

• Acara Trang Underwater Wedding ini tidak hanya diperuntukkan bagi pasangan yang akan menikah saja, tapi juga terbuka untuk setiap pasangan yang sedang berbulan madu, merayakan anniversary, atau sekadar ingin merasakan ‘pengalaman seumur hidup sekali’ menikah di bawah laut.
• Khusus pada 20th Anniversary of Trang Underwater Wedding Ceremony 2016, memang hanya pasangan yang berasal dari Thailand saja yang berpartisipasi. Namun, Trang Underwater Wedding Ceremony ini terbuka bagi para pasangan, divers dan turis yang berasal dari negara manapun yang ingin mengikuti acara tersebut.
• Paket Trang Underwater Wedding ini dihargai 30.000 Baht per-couple atau sekitar dua belas juta rupiah. Sedangkan paket bagi anggota keluarga yang ingin menghadiri acara pernikahan tersebut dihargai 1500 Baht untuk orang dewasa dan 1000 Baht untuk anak-anak. Para pasangan juga dapat mengambil kelas diving yang disediakan khusus untuk acara Trang Underwater Wedding. Untuk kelas Discover Scuba Dive Course dihargai 5500 Baht dan Open Water Diver Course seharga 15000 Baht per orang.
• Kebanyakan para pasangan yang mengikuti acara 20th Anniversary of Trang Underwater Wedding Ceremony 2016 ini memang sudah mempunyai keterampilan menyelam. Pasangan Ton dan Ploy, misalnya, yang tidak merasa gugup sama sekali ketika akan menyelam karena Ploy sudah akrab dengan olahraga diving sejak umur 15 tahun. Pasangan Paisit dan Naovarint yang sudah mengenal diving selama 8 tahun juga mengaku excited mengikuti acara terbesar di provinsi Trang tersebut.

Teks Eva Tanty Sari Foto Trang Chamber of Commerce

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP