Apa yang Perlu Dipersiapkan Menikah di Bali?

Foto: Bali Red Photography | Dekorasi: Ai Luo Si Décor

Keindahan Bali sebagai pusat destinasi wisata telah lama dikenal. Namun kini ada satu predikat lagi yang disandang oleh Bali, yaitu sebagai destinasi wedding. Bukan hanya pasangan asal Bali sendiri, tetapi pasangan dari luar Bali seperti Jakarta, bahkan pasangan dari mancanegara banyak yang sengaja menggelar pernikahan di Bali. Keindahan alam dan budaya yang begitu tersohor mampu memikat para pasangan calon pengantin untuk mengikat janji di pulau eksotis ini.

Bagi pasangan yang memang berasal dari Bali, tentu tak menjadi masalah untuk menggelar pesta pernikahan besar-besaran. Namun bagi pasangan dari luar Bali, pernikahan berkonsep intimate dengan hanya mengundang 50-200 tamu kerap menjadi pilihan. Selain lebih bersifat personal, konsep ini juga lebih terjangkau dari segi bujet, mengingat transportasi dan akomodasi semua tamu undangan yang datang biasanya ditanggung oleh si empunya hajat. Selain memperhitungkan jumlah tamu, masih ada beberapa hal lagi yang harus dipersiapkan bagi Anda yang berniat menggelar pernikahan di pulau dewata ini.

Foto: [My] Photography Dok. Carlos & Lidya

  1. Jumlah tamu

Memperhitungkan berapa jumlah tamu yang datang menjadi masalah yang sangat krusial dan penting, sebab hal ini sangat mempengaruhi bujet yang akan dikeluarkan oleh calon pengantin. Setelah memperhitungkan berapa jumlahnya, hal yang perlu diperjelas pula adalah tiket pesawat dan akomodasi. Sebagai saran untuk menghemat bujet akan lebih baik menyewa guest house yang berkapasitas besar sesuai dengan jumlah tamu.

  1. Venue

Ada berbagai macam venue yang bisa ditemukan di Bali. Ada yang bergaya chapel, hotel, resort atau villa. Pasangan tinggal memilih mana venue yang sesuai dengan bujet dan konsep yang akan diusung. Atau calon pengantin dapat melakukan pemberkatan di chapel sementara resepsi dilakukan di hotel tempat menginap. Tips untuk mendapatkan harga yang terjangkau dan untuk meminimalisir bujet adalah dengan mengadakan resepsi di sebuah restoran yang berada tidak jauh tempat Anda dan para tamu tinggal.

Foto: Bali Red Photography | Dekorasi: Ai Luo Si Décor

  1. Dekorasi

Beda venue, beda pula kebutuhan dekorasinya. Apabila memilih resort di pinggir pantai sebagai venue, berarti perlu adanya dekorasi altar tempat pemberkatan dengan kehadiran bunga sebagai pemanis. Sementara untuk chapel yang berada di dalam ruangan, dengan nuansa ruangan yang biasanya didominasi putih, mendekorasinya akan lebih mudah, penggunaan bunga pun bisa jadi lebih sedikit.

Baca Juga: Wedding Destination X Wedding Ballroom

  1. Wedding Organizer

Kebutuhan akan Wedding Organizer (WO) di Bali dan di luar Bali jelas berbeda. Terutama bagi pasangan dari luar Bali yang tentunya belum begitu mengenal seluk beluk vendor-vendor Bali. Kehadiran WO sebagai pemandu dan pemberi informasi mengenai berbagai vendor yang tepat dan sesuai bujet sudah pasti sangat diperlukan.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP