Blog + Ideas

Bunga Segar Sebagai Dressing Percantik Kue Pengantin

by   1205
 

Dekorasi bunga pada kue pengantin sudah ada sejak lama, karena bunga dirasa tepat untuk mempercantik kue. Belakangan, usai tren strawberry ataupun blueberry menjadi toping penghias kue pengantin, dekorasi bunga kembali mencuri perhatian para calon pengantin. Berbeda dari tren yang sudah lalu, dekorasi bunga tidak lagi terbuat dari fondant yang dibuat menyerupai bunga, akan tetapi yang digunakan adalah bunga segar asli. Meskipun tidak dapat dikonsumsi, kehadiran bunga semata-mata untuk memperindah tampilan kue. Sebagai kebutuhan foto dan dengan kehadiran bunga segar tidak perlu repot membuat replika bunga membutuhkan waktu lama.

Naked Wedding Cake dan Semi Naked Cake Wedding
Naked wedding cake merebak diminati calon pengantin sekitar dua tahun lalu. Kue yang dibiarkan terbuka tanpa diselimuti buttercream ini memberi kesan sederhana dan menggugah selera. Kue pengantin yang biasa mendampingi pernikahan berkonsep rustic ini, dahulu sering dipermanis dengan taburan buah-buahan strawberry, blueberry dan raspberry. Mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini, naked wedding cake tidak luput diperindah dengan hiasan bunga-bunga segar.

Setelah naked wedding cake, muncul semi naked wedding cake yang dapat dilihat perbedaannya dari balutan tipis buttercream yang tetap menampakkan bentuk lapisan kue seolah belum jadi. Designer cakes yang ahli menciptakan desain kue yang artistik tidak tinggal diam untuk berinovasi. Seperti contoh kue pengantin di atas yang hanya terdiri dari dua tingkat yang ditutupi lapisan berwarna biru membentuk lelehan alami. Lapisan icing yang berwarna biru kontras dengan kue yang dipercantik oleh bunga segar serta sedikit daun.

Buttercream Cake dan Fondant Cake
Bunga juga dapat mendampingi menghias buttercream cake klasik berwarna putih seperti yang tampak pada foto di bawah ini. Sifat buttercream yang mudah dibentuk membuat jenis cake ini fleksibel dikreasikan pada pinggirannya yang dibentuk ruffle yang sekarang banyak dipesan calon pengantin. Bentuk ruffle juga dapat disamakan pada gaun pengantin agar tampak serasi.

Fondant cake yang padat memudahkannya dikreasikan dalam segala rupa yang diinginkan. Begitu pula dengan warna yang lebih kaya dari warna pastel sampai warna tua. Umpamanya kue pengantin di atas yang dihias dengan dots hijau pada kue putih bermotif sulur. Penempatan bunga yang menutupi layer paling atas membuat kue semakin sempurna. Jika ingin menampilkan kesan yang lebih serasi, bunga penghias kue dapat dipilih dari jenis bunga dekorasi atau hand bouquet.

Foto: Dok. Istimewa

Flower, Wedding Cake, persiapan pernikahan

LEAVE A COMMENT

Go to top