Bentuk tubuh yang kurang proporsional akibat kelebihan berat badan, kerap menjadi hal yang menyeramkan bagi para perempuan. Terutama calon pengantin. Bagaimana tidak, tampil cantik ketika bersanding di pelaminan adalah impian banyak perempuan. Berbagai cara pun ditempuh guna mendapat postur idaman. Diet misalnya. Belakangan, ada salah satu pola pengaturan asupan makanan yang sedang diminati banyak orang. Bayangkan saja, program diet itu dapat memangkas berat badan 3 hingga 8 kg dalam waktu relatif singkat. Cukup 13 hari saja.

Diet mayo namanya. Program ini diperkenalkan oleh sebuah portal kesehatan yang cukup ternama di Amerika Serikat, yakni mayoclinic.com. Berdasarkan penelitian dan studi yang telah dilakukukan, pola makan yang sehat terutama bagi yang memiliki berat badan berlebih, adalah dengan menghilangkan unsur gula dan garam dari makanan selama 13 hari. “Efek “perceraian” dari gula dan garam akan berbeda pada masing-masing individu. Apabila disiplin, dapat turun 3 - 8 kg dalam 13 hari. Itu tergantung dari kondisi tubuh dan komitmen untuk meninggalkan kebiasaan buruknya,” ujar Amalia, pemilik Amalia Caterer, salah satu jasa katering yang menawarkan menu makanan diet mayo di bilangan Kemang, Jakarta Selatan.

Mengapa diet tersebut cepat menurunkan berat badan? Rupanya sat melakukan diet mayo selama 13 hari, tubuh kita otomatis tidak mendapatkan asupan garam dan makanan yang bisa meningkatkan volume air dalam tubuh. Maka tubuh kita akan berkurang berat badannya. Sedangkan garam dan air yang ada di tubuh, akan mengalami proses pengeluaran yang cukup aktif dari biasanya.

Jadi tidak usah panik bila selama proses, Anda akan sangat sering buang air kecil atau air besar. Hal itu wajar, karena proses detoksifikasi sedang berlangsung. Agar tubuh tidak kekurangan cairan dianjurkan mengkonsumi air putih. Minimal delapan gelas setiap hari. Berdasarkan penelitian, selain berat badan turun cukup banyak, kondisi dalam tubuh pun cenderung lebih baik dari sebelumnya. Setidaknya Anda harus melakukan diet mayo ini satu kali dalam setahun. “Bila disiplin proses diet ini terbilang cepat dan menyehatkan. Cocok sekali bila diterapkan oleh calon pengantin yang ingin naik pelaminan. Apalagi jika dipadukan dengan kegiatan olah raga. Hasilnya akan lebih maksimal,” terang Amalia. Dan biasanya diet garam ini juga dianjurkan oleh para penata rias terhadap calon pengantin perempuan. Tujuannya agar tubuh tidak banyak memproduksi keringat yang dapat melunturkan make-up ketika dirias.

Menu Diet Mayo
Sajian menu diet mayo terbilang menyehatkan dan bergizi. Artinya tetap mengandung berbagai zat yang diperlukan oleh tubuh, mulai dari karbohidrat, protein dan lemak baik. Yang pasti, pada dasarnya diet mayo adalah meniadakan gula dan garam pada makanan, atau tidak memakan makanan yang mengandung rasa asin dan terlalu manis. Untuk sarapan pagi, Anda dapat mengonsumsi satu cangkir kopi hitam, teh (dengan gula atau tanpa gula) atau air hangat dengan lemon dan madu alami. Satu Mangkuk buah, seperti kiwi, papaya, jeruk, melon ataupun apel. Menu makan siang menganti karbohidrat (nasi dalam bentuk apapun) dengan kentang rebus, sertakan juga sayur-mayur rebus atau tanpa proses dimasak. Untuk malam sekitar pukul tujuh, Anda bisa mengkonsumsi daging sapi maupun ayam bakar atau rebus.

Bila Anda memiliki keterbatasan waktu untuk menyiapkan berbagai menu tersebut, tidak usah khawatir. Sebab kini sudah banyak jasa katering yang menyajikan menu sehat diet mayo. Bahkan mereka mengolah masakan tersebut secara lebih variatif. Hingga tampilan maupun rasanya tetap mengugah selera. Selamat mencoba.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP