Honeymooners Exciting Festival Activities in Thailand

 

Siapa yang mau honeymoonnya selain romantis, namun juga bernuansa festive alias meriah? Buat Anda dan pasangan yang mendambakan honeymoon sedikit berbeda dari yang biasa-biasa saja coba deh baca artikel ini sampai habis.

Kita mulai dari kata festive atau festival yang diambil dari bahasa latin; festum yang artinya ‘pesta’, sebuah perayaan khusus dan diadakan dalam satu periodik. Biasanya festival ini diadakan sebagai peringatan sebuah persitiwa bersejarah, berhubungan dengan agama, perayaan awal musim, bahkan memperingati saat berkabung. Festival ini sendiri biasanya ditandai dengan aktivitas masyarakatnya menghias rumah dan jalan, saling tukar hadiah, menggunakan pakaian khusus, hingga memasak satu jenis masakan dan berparade.

Nah, festival ini juga kerap kali diselenggarakan untuk merayakan momen penting suatu negara, dan Thailand pun terkenal memiliki banyak festival yang cocok untuk menjadi destinasi honeymoon dengan nuansa romantis, unik nan menarik. Inilah beberapa festival di Thailand tersebut.

Festival Songkran.

Festival yang menandakan perayaan Tahun Baru Thailand, selama 3 hari dari tanggal 13 – 15 April. Festival yang paling populer dan ciri khasnya adalah pesta air. Teman dan keluarga akan merayakannya dengan mengunjungi kuil dan yang unik adalah mereka akan memercikkan air ke satu sama lain sebagai tanda bentuk keinginan untuk tahun penuh berkah.

Sudah sejak lama pula perayaan Festival Songkran yang lebih dikenal dengan “Perang Air” ini menjadi daya tarik. Awalnya perang air ini menggunakan air bekas mencuci patung, yang tujuannya mendapatkan keberuntungan. Perayaannya pun juga hampir merata di seluruh kota di Thailand; Khao San & Silom Road di Bangkok, Chiangmai, Pattaya, Patong Beach dan masih banyak lagi.

Festival ini juga disebut sebagai festival air terbesar di dunia karena diselenggarakan di hampir seluruh kota di Thailand. Mereka yang datang untuk wisata festival ini setiap tahunnya bisa mencapai hingga ratusan ribu wisatawan, dan akhirnya membuat festival Songkran masuk buku Guinness World Book Records sebagai “The Largest Water Gun Fight In The World” pada tahun 2011.

Festival Loi Krathong.

Terkenal sebagai salah satu festival terindah di Bangkok, Thailand, dimana orang-orang akan berkumpul di sekitar sungai, danau dalam rangka penghargaan simbolis kepada Dewi Air dengan membuat dekorasi liliin dan bunga yang akan dihanyutkan di air. Kebayang kan bagaimana indahnya pemandangan ribuan cahaya lilin yang hanyut tersebut.

Festival ini setiap tahunnya jatuh pada tanggal 12 November, sebagai penutupan dari musim penghujan, beberapa orang juga percaya bahwa festival ini juga sebagai simbolis melepaskan perasaan dan aura negatif yang ada di dalam diri seseorang, dan menjalani tahun-tahun kedepannya dengan lebih banyak berkat dan nasib baik.

Lokasi utama perayaan Loi Krathong ini dilangsungkan sejak tahun 2013 adalah di Asiatique, tapi sekarang pindah ke sungai Wat Saket di Old City. Atau untuk Anda dan pasangan yang mau sekaligus ke Khao San Road, lokasi terdekat diadakannya festival ini ada di Phra Athiet Pier. Saking terkenalnya festival ini di kalangan wisatawan, bahkan beberapa hotel ternama di Bangkok juga menyediakan fasilitas yang serupa dengan festival ini, yang biasanya dilangsungkan di area kolam renangnya.

Phi Ta Khon Fest atau Ghost Festival.

Satu lagi festival tahunan yang tidak boleh terlewatkan, dan mungkin bisa jadi pilihan buat Anda dan pasangan yang tidak memilih honeymoon biasa-biasa saja adalah Phi Ta Khon Fest atau Ghost Festival yang diadakan di wilayah Dan Sai, Loei, Thailand.

Walau Namanya festival hantu, tapi justru festival ini sangat bertolak belakang karena festival ini dipenuhi ornamen warna-warni dan sangat meriah. Masyarakat setempat akan menari dan berparade dengan menggunakan topeng besar berwujud hantu yang terbuat dari bahan potong kelapa dan ukiran rotan yang menjadi seram, namun dicat warna-warni, lucu kan?

Festival ini berlangsung selama 3 hari, dengan berbagai rangkaian acara, dari upacara dengan seorang pemimpin di hari pertama, kemudian dilanjutkan menari dan pawai di hari kedua dan di hari terakhir akan ada peluncuran roket bambu yang diakhiri masyarakat melempar kostum dan topeng raksasa mereka ke sungai, dalam rangka mencegah nasib buruk di kemudian hari.

Photo: TAT News

Bo Sang Umbrella Festival.

Satu pilihan terakhir yang juga tidak boleh terlewat oleh Anda dan pasangan adalah Bo Sang Umbrella Festival yang diselenggarakan selama 3 hari setiap tahunnya di Chiang Mai, Thailand.

Pada siang hari saat festival ini berlansung, sepanjang jalan, toko dan rumah ramai dengan hiasan kain sutra warna-warni yang berjumlah hingga ratusan, dan payung kertas yang disebut. “Saa” yang akan dibawa parade oleh mobil-mobil dan para wanita cantik Thailand. Kemudian pada sore menjelang malam harinya, masyarakat akan menyalakan lentera warna-warni yang disebut “Lanna”.

Jadi untuk Anda dan pasangan yang mendambakan honeymoon bernuansa festive selamat memilih mana festival yang ingin dijadikan destinasi wisata honeymoon di Thailand.

Photos courtesy of Tourism Authority of Thailand

Honeymoon Destination, Amazing Thailand


LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP