Kelembutan Prosesi Pernikahan Solo Basahan

Abdillah Saputra Tadjoedin & Niken Prawesti
JW Marriott Hotel Jakarta, 2 November 2013

Leiden. Kota yang terletak sebelah barat daya Amsterdam itu, bukanlah sebuah wilayah yang besar. Meski begitu, kota tersebut memiliki arti teramat besar bagi Abdillah dan Niken. Sebab di sanalah cinta mereka merekah indah, laksana bunga tulip disaat musim semi tiba.

Persis di Leiden University untuk pertama kali keduanya bertemu. Saat itu, baik Abdillah maupun Niken tengah menempuh program pasca sarjana, hanya saja berlainan bidang. Niken kuliah di jurusan International Law, sementara Abdillah mengambil kuliah jurusan European and International Business Law. Meski begitu tak membuat mereka urung menjalin pertemanan. Keduanya kerap terlibat percakapan yang menyenangkan, terlebih ketika membicarakan perihal gebetan masing-masing. Tanpa terasa lebih kurang dua tahun Niken dan Abdillah menempuh pendidikan di Leiden, dan selama itu pula komunikasi yang terjadi di antara mereka tak lebih dari sebatas teman biasa. Hingga setelah kembali ke Indonesia, keduanya baru menyadari, seperti ada sesuatu yang hilang tatkala tidak berjumpa, walau hanya sehari saja. Rupanya tanpa disadari, cinta sudah tumbuh di hati mereka.


Dua tahun mengenal Niken, dirasa cukup bagi Abdillah. Lantaran hal itu, ia merasa yakin ketika akan melamar Niken sebagai istrinya. Disaksikan landmark kota Jakarta, yakni Tugu Monumen Nasional (Monas), kalimat pinangan meluncur dari bibir Abdillah. Sejak awal ia memang sudah merencanakan untuk melamar Niken di lokasi yang spesial, pilihannya jatuh pada Monas. Hal itu bukan tanpa alasan, kelak Abdillah dapat dengan bangga menunjuk tugu Monas pada anak cucunya. Bahwa di sana, di bangku taman di depan kolam air mancur Monas, ia melamar Niken.

Waktu 10 bulan terasa pas, baik Abdillah juga Niken tidak merasa tergesa-gesa mempersiapkan pernikahannya. Segala yang diperlukan sudah dicicil bertahap. Dan terasa ringan lantaran dibantu Tonny & Lifetime Organizer. Di tengah persiapan tersebut, Niken dan Abdillah yang sudah berniat akan melangsungkan pernikahan adat Jawa Solo juga mengikuti anjuran perias adat, Ibu Terre Santoso (Sanggar Tien Santoso) untuk berpuasa Senin dan Kamis selama tujuh hari sebelum hari-H. Bagi calon pengantin, menjalani puasa tidak hanya berpengaruh baik bagi jasmani, secara spiritual pun akan memberi efek positif. Sehingga sindrom cemas berlebih sebelum pernikahan yang sering melanda calon mempelai akan sedikit berkurang.

Minggu berganti minggu, hari berganti hari, dan tibalah saat yang dinanti. Tepat sehari sebelum hari-H, lebih dulu dilaksanakan pengajian dan siraman di kediamaan masing-masing. Untaian doa mengalir dari kerabat dan handai taulan yang hadir, mendoakan agar perjalanan pernikahan Niken dan Abdillah terealisasi lurus tanpa kendala. Masih di hari yang sama, prosesi malam midodareni yang biasa dilakukan mempelai wanita, juga dijalani Niken. Konon di malam itu, tanpa sepengetahuan siapapun akan ada bidadari datang menganugerahkan kecantikannya kepada calon pengantin wanita. Percaya atau tidak, yang pasti di hari pernikahan Niken benar-benar terlihat begitu ayu. Parasnya cantik manglingi berhias senyum indah yang bersumber dari hati yang bahagia.


Tata rias Solo Basahan dengan paes kehijauan khas Solo Basahan terukir lembut di kening Niken. Bersanding dengan Abdillah yang gagah, sepasang mempelai itu tampak serasi duduk di pelaminan berhiaskan bunga-bunga yang menyemburatkan warna cerah. Di salah satu sudut ballroom JW Marriott Hotel Jakarta pun ada sepeda kenangan ketika Niken berkuliah di Leiden. Sepeda kuno itu menjadi saksi bisu perjumpaan pertama Niken dan Abdillah, dan sekali lagi sepeda itu menjadi saksi penyatuan hati Niken dan Abdillah.

Tema Tradisional Solo Basahan | Busana Pengantin I Sanggar Tien Santoso | Tata Rias Ibu Terre P. Santoso dari Sanggar Tien Santoso | Dekorasi Azka Anggun Art | Katering JW Marriott Hotel Jakarta | Undangan Yellow Card | Venue Dua Mutiara Ballroom, JW Marriott Hotel Jakarta | Foto & Video King Foto | MC Tonny Rusly | Entertainment Tonny & Lifetime Entertainment | Wedding Organizer Tonny & Lifetime Organizer

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP