Mengenal Perbedaan Sangjit dan Tingjing dalam Tradisi Pernikahan Cina

Dalam menyelenggarakan rangkaian upacara pernikahan biasanya akan banyak menemui tahapan. Seperti rangkaian pernikahan dari tradisi Cina yang juga memiliki beberapa tahapan tersebut. Sebelum memasuki puncak pesta pernikahan, sudah pasti sebelumnya terdapat juga tahapan-tahapan pernikahan yang harus dilakukan, seperti Tingjing dan Sangjit. Dari dua tahapan tersebut, mungkin sudah banyak orang tahu dan juga mengenal yang namanya Sangjit. Tapi masih banyak juga yang belum tahu apa itu Tingjing. Untuk itu, kami berikan ulasan perbedaan antara Sangjit dan Tingjing untuk Lovely Couples!

Tingjing

Prosesi dalam rangakaian pernikahan adat Tionghoa dimana prosesi ini merupakan sebuah acara lamaran. Yang dilakukan di rumah calon pengantin wanita atau pun di tempat dengan luas yang mencukupi, beberapa mengadakan di restoran. Tingjing biasanya dilaksanakan kurang dari 1 tahun dari hari pernikahan, begitu juga dengan waktu pelaksanaannya yang biasanya mengambil tanggal dan jam yang baik, semisal jam 10 pagi atau pun mengambil waktu sore hari. Dalam prosesi ini juga tidak ketinggalan hantaran yang harus diberikan berupa seserahan dengan bilangan genap. Untuk mengetahui lebih lengkap lagi tahapan yang terdapat pada Tingjing, Yuk! Cari tahu.

Inti Prosesi Tingjing

Di tahapan ini terdapat sebuah aktivitas yang jelas membedakannya dengan Sangjit yaitu penyematan kalung. Ini merupakan pertanda sebagai pengikat hubungan antara calon pengantin pria dan wanita. Kalung dipercaya sebagai perlambang cinta kasih antara dua manusia yang saling mencinta. Setelah penyematan kalung tersebut, yang dilakukan adalah menentukan tanggal pernikahan yang didasarkan pada tanggal lahir dari kedua calon penganting dengan sistem Fengshui. Setelah mendapatkan tanggal baik untuk pernikahan, kemudian dilakukan makan bersama dan juga calon mempelai pria memberikan seserahan yang biasanya berisi perlengkapan dan kebutuhan dari calon mempelai wanita.

Sangjit

Begitu juga dengan Sangjit, yang merupakan prosesi resmi dalam pemberian seserahan di tradisi pernikahan Cina. Sangjit adalah urutan rangkaian pernikahan selepas melakukan prosesi Tingjing. Dimana di prosesi ini, digelar rangakaian penyerahaan baki seserahan yang lebih detail. Ini merupakan tanda keseriusan dari calon mempelai pria yang akan merawat dan menjaga sang kekasih hati dalam kehidupan rumah tangganya kelak. Dilakukan tepatnya seminggu sebelum acara pesta pernikahan digelar dengan mengambil waktu yang baik sekitar pagi hingga menjelang siang hari atau pun juga bisa dilaksanakan pada sore menjelang malam. Serta juga akan dibawakannya baki-baki berisi keperluan dari calon mempelai wanita.

Inti Prosesi Sangjit

Inti dari prosesi Sangjit ini adalah bertukar cincin atau yang lebih dikenal dengan nama Tinghun. Lagi-lagi dikatakan lebih resmi dari Tingjin karena menggunakan cincin sebagai tanda pengikat hubungan yang sempurna. Yang didahului dengan prosesi penyerahan baki yang berjumlah genap yang biasanya berjumlah 6, 8, 10 atau pun 12 buah. Yang berisi segala sesuatu yang berhubungan perhiasan, uang susu yang diberikan untuk orang tua calon mempelai wanita, lilin dengan gambar naga sebagai simbol perlindungan, kue-kue manis hingga sampanye.

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP