Blog + Ideas

Menyiapkan Acara Pengajian Pernikahan

by   8618
 

Meskipun bukan acara wajib, terkadang calon pengantin muslim mengadakan acara pengajian beberapa hari jelang pernikahan. Pelaksanaan pengajian memiliki tujuan mulia untuk mendapat keberkahan dan kelancaran menuju hari-H, calon pengantin pun berharap doa-doa baik yang mengalir selama pengajian dapat terkabul.

Terkadang dalam pelaksanaan pengajian, ada calon pengantin yang melanjutkan dengan acara siraman atau ritual adat sebelum pernikahan. Tetapi ada pula yang memisahkan tanggal acara pengajian secara tersendiri dengan acara atau ritual adat. Pilihan tersebut diserahkan pada calon pengantin, dengan pertimbangan jika menggabungkan acara pengajian yang disambung dengan ritual adat semisal siraman, dapat menghemat bujet karena kebutuhan makanan dan souvenir tidak perlu dibeli terpisah antara pengajian dan siraman.

Lalu sebelum menggelar pengajian, calon pengantin harus menyiapkan beberapa keperluan berikut ini dari jauh-jauh hari. Agar persiapan matang tanpa terjadi kesalahan.

1. Busana muslim
Untuk menyesuaikan acara, busana yang dipakai pada pengajian pun busana muslim. Model busana muslim yang paling sering dipakai seperti kaftan atau gamis lengkap dengan detil yang mempercantik penampilan. Detil yang dimaksud dengan mengaplikasikan bebatuan atau bordir. Dipadukan dengan kerudung berwarna senada dengan baju yang dipakai.

2. Makanan
Ada dua pilihan makanan yang dapat dipilih, ingin makan di tempat atau memberikan “berkat” nasi kotak untuk dibawa pulang. Terserah ingin memilih yang mana. Tetapi yang paling banyak dipilih oleh kebanyakan calon pengantin adalah dengan memberikan “berkat” yang dirasakan lebih mudah dan praktis tanpa harus menyiapkan katering prasmanan. Selain itu juga rumah yang sering dijadikan tempat pengajian tidak repot harus dibersihkan rumah akibat sisa makanan.

3. Souvenir
Untuk acara pengajian,beberapa barang seperti sajadah, mukena, sarung, tasbih atau kerudung kerap dijadikan pilihan untuk suvenir. Jika ingin harga yang terjangkau, Pasar Tanah Abang banyak menjual kebutuhan suvenir dari yang murah hingga yang mahal. Jangan lupa untuk mencantumkan kartu ucapan terima kasih. Buat yang simpel saja dengan kertas concorde yang bisa di-print sendiri, lalu masukkan dalam goodie bag. Terdapat pilihan goodie bag dari kertas atau kain bahan yang dapat dipesan lebih dulu.

4. Buku pengajian
Sebenarnya untuk membuat buku pengajian, percetakan sudah memiliki template tanpa harus repot membuat sendiri. Tetapi semua kembali kepada calon pengantin, apakah memilih mengikuti template dari percetakan atau ingin memiliki buku pengajian dengan menyusun sendiri. Cetaklah buku pengajian sedikit lebih banyak dari jumlah undangan yang disebar untuk mengantisipasi buku pengajian bermasalah atau tamu yang datang lebih. Apabila masih belum tahu lokasi percetakan, di Pasar Tebet banyak berjejer toko percetakan yang dapat disesuaikan dengan bujet.

Foto: Dok. Tyo dan Puti (Unlimited Motion dan The Portrait Photography), Dok. Tazia dan Doni (Mottomo Photography), Dok. Lysa dan Rifki (Le Motion)

Souvenir, persiapan pernikahan

LEAVE A COMMENT

Go to top