Menyiasati Pengantin Wanita yang Lebih Tinggi

Seperti sudah menjadi peraturan tidak tertulis, pasangan ideal adalah ketika sang pria lebih tinggi dibandingkan wanita. Akan tetapi, tidak semua pria terlahir dengan gen yang memenuhi standar tinggi ideal. Oleh karena itu, meski kebanyakan wanita mendambakan pasangan yang memiliki tinggi badan lebih tinggi atau setidaknya sama, terkadang kenyataan yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Terutama bagi wanita yang kebetulan bertubuh tinggi, mungkin harus berbesar hati bila mendapatkan pasangan yang kalah tinggi dibanding dirinya.

Bagi sebagian wanita mungkin tidak masalah dengan kesenjangan tinggi badan tersebut. Namun sebagian lagi mungkin merasa akan menjadi masalah mengingat perbedaan ini akan terlihat jelas terutama di hari pernikahan. Menghadapi kasus seperti ini, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki atau setidaknya mengurangi perbedaan tinggi badan tersebut.

Untuk pengantin wanita

  1. Menghindari high heels

Ya, menggunakan high heels akan berdampak pada penampilan yang tampak tinggi semampai. Tetapi dengan kasus seperti ini, menggunakan high heels atau sepatu tumit tinggi lain akan menambah jarak tinggi badan yang semakin terlihat. Untuk menolong, gunakan sepatu tanpa tumit agar tidak menambah perbedaan tinggi badan. Atau setidaknya menggunakan selop dengan tumit serendah mungkin.

  1. Tidak menggunakan sunting atau mahkota yang tinggi

Dalam pernikahan beberapa adat, sering kita temui hiasan kepala semacam sunting yang tinggi menjulang. Bagi pengantin yang mengalami kasus seperti ini, sebaiknya menghindari asesoris kepala yang tinggi seperti sunting atau mahkota lain yang akan berdampak membuat pengantin wanita semakin terlihat lebih tinggi. Semisal, pengantin Minangkabau dapat memilih untuk mengenakan busana pengantin Koto Gadang yang tanpa sunting dibandingkan busana pengantin Padang Pesisir yang khas dengan kemegahan suntingnya.

Untuk pengantin pria

  1. Menggunakan sepatu dengan sol dan tumit sedikit tinggi

Bertolak belakang dari pengantin wanita yang sebaiknya tidak menggunakan sepatu tinggi, pengantin pria justru dianjurkan. Pakai sepatu dengan sol dan tumit maksimal 5 cm. Dengan begitu tinggi badan setidaknya akan bertambah sedikit. Dan selain itu terdapat sepatu pria dengan tumit tinggi pada bagian dalam sehingga bagi orang yang melihat tidak akan mengira sepatu yang dipakai memiliki tumit yang cukup tinggi.

  1. Detil memilih busana

Jika pengantin pria memakai setelan jas, sebaiknya pilih jas yang memiliki kancing satu atau maksimal dua. Sehingga memberikan ilusi tubuh terlihat tinggi. Untuk dasi hindari dasi kupu-kupu, lebih baik memilih dasi panjang biasa.

  1. Memakai asesoris kepala

Asesoris kepala sangat membantu untuk menyamarkan tinggi badan. Hampir semua busana pengantin adat dari daerah-daerah di Indonesia, pengantin pria-nya menggunakan aksesori atau penutup kepala. Seperti busana adat dari beberapa daerah di Sumatera, pengantin pria menggunakan penutup kepala yang disebut destar. Selain berfungsi untuk pelengkap busana adat, asesoris kepala yang tinggi dapat mengecoh yang membuat penampilan terlihat tinggi.

Foto: Dok. Istimewa, Owlsome Project (Dok. Chika dan Andra), The Portrait Photography (Dok. Dheri dan Giri)

LEAVE A COMMENT

Comments (2)

  • 27 Jan 17

    Okkkkkkkk

  • 27 Jan 17

    Okkkkkkkk

BACK
TO TOP