Resepsi di Restoran Eksklusif Bergaya Oriental

Menggelar pesta pernikahan secara intimate dengan mengundang tamu dalam jumlah terbatas, kian diminati oleh banyak pasangan akhir-akhir ini. Berbagi kebahagiaan bersama sahabat dan kerabat dekat kerap memberikan kesan tersendiri bagi pasangan pengantin. Tempat atau venue yang dibutuhkan pun tak terlalu besar, sehingga daripada ballroom mewah, restoran berkapasitas 200 – 300 orang dengan penataan indah rasanya lebih sesuai. Dekorasi yang dibutuhkan pun tak terlalu banyak, hanya tinggal memberikan sentuhan bunga-bunga sebagai pemanis ruangan.

Dari sekian banyak restoran yang ada di Jakarta, calon pengantin dapat memilih mana yang lebih sesuai dengan tema pernikahan. Salah satu yang dapat kamu jadikan pilihan adalah restoran yang mengadaptasi budaya lokal maupun mancanegara. Nuansa Cina atau peranakan seringkali menjadi pilihan. Biasanya karena keunikan yang ditampilkan, selain juga rasa dari makanan yang disajikan cenderung dapat diterima oleh lidah kebanyakan orang Indonesia. Karenanya, bukan hanya pasangan keturunan Cina, pasangan pengantin yang mengusung adat lain pun tak jarang memanfaatkan keunikan interior peranakan ini untuk hari spesial mereka. Berikut ini adalah beberapa resto bergaya oriental di Jakarta yang dapat dijadikan referensi.

  1. Shanghai Blue 1920

Dekorasi restoran yang berlokasi di Menteng ini, memiliki cerita di baliknya. Sebuah kisah mengenai sepasang kekasih yang berbeda kebudayaan, satu dari Betawi dan lainnya dari Cina. Sehingga nuansa yang mewarnai Shanghai Blue pun merupakan perpaduan dari kedua budaya tersebut, dimana elemen Betawi terlihat dari kursi rotan, terompet besar khas Betawi dan aksentuasi bunga-bunga besar berwarna terang yang menghiasi kursi maupun dinding. Sementara sentuhan Cina terlihat dari hiasan dinding aksara Cina, serta figura dengan wajah gadis oriental. Shanghai Blue 1920 memiliki kapasitas 80-100 orang (standing party), dan 60-70 orang (sitting dinner).

Ada dua paket wedding yang ditawarkan, paket pertama untuk 100 orang hanya dengan Rp. 50.000.000 nett dan paket kedua Rp. 75.000.000 nett untuk 100 orang. Perbedaannya terletak dari fasilitas tambahan seperti penggunaan untuk photo shoot pre-wedding, food tasting, function room untuk tea pay, bunga-bunga segar, dan masih banyak lagi tambahan lainnya.

Alamat: Jl. Kebon Sirih No.79, Menteng, 10340

  1. Meradelima Restaurant

Restoran dua lantai ini memiliki bangunan yang cukup luas sehingga dapat menampung tamu hingga 250 (sitting dinner) dan 300 orang untuk standing party. Sudah berdiri kurang lebih 10 tahun, Meradelima telah banyak menyaksikan pasangan pengantin yang merayakan pernikahan di sana. Khususnya keturunan Tionghoa yang tertarik dengan dekorasi restoran bergaya peranakan ini. Warna merah yang melambangkan kemakmuran menjadi warna yang banyak ditemukan pada berbagai perabotan mulai dari kursi hingga tirai. Porselen Cina pun menjadi penghias dinding yang ditata apik, menemani lampion yang menggantung membuat kesan oriental semakin kuat. Berada di Kebayoran Baru, restoran ini menawarkan estimasi bujet Rp.50.000.000 untuk setiap lantai. Apabila kamu ingin menyewa lantai satu dan dua cukup sediakan Rp. 100.000.000.

Alamat: Jl. Aditiawarman No. 47, Jakarta Selatan 12110

  1. Dapur Babah Élite

Satu lagi restoran dari grup Tugu Hotels & Restoran yang mengedepankan unsur tradisional yakni Dapur Babah Élite yang masih satu grup dengan Shanghai Blue 1920. Sedikit berbeda dengan Shanghai Blue 1920, dekorasi oriental dari Dapur Babah Élite jelas terlihat dari perabotan berupa guci berornamen Cina, patung, relief hingga pilar dengan dominasi warna merah. Tidak hanya itu, dalam restoran ini juga dilengkapi dengan relekui peninggalan lama dari masa kolonial di antaranya lambang VOC dari abad 17 dan pemisah ruangan dari Dinasti Ming yang membuat restoran yang berlokasi di Jalan Veteran ini, bak museum terbuka. Selain kaya dengan benda-benda bersejarah, Dapur Babah Élite juga tepat menjadi tempat bersejarah bagi pasangan pengantin yang ingin merayakan pernikahannya di sini.

Restoran bergaya awal abad 20an ini memiliki 6 ruang termasuk taman depan yang dapat menampung tamu hingga 300 orang (standing party), sedangkan sitting table 150 orang. Harga paket wedding yang ditawarkan pun terbilang standar.

Alamat: Jl. Veteran I No. 18-19, Gambir, Jakarta 10110

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP