Restoran Jawa yang Cantik untuk Resepsi

Dewasa ini begitu banyak pasangan pengantin yang lebih suka menggelar pesta pernikahan dengan jumlah undangan yang lebih sedikit. Pertimbangannya tentu saja untuk menciptakan suasana yang hangat dan intimate dengan para tamu yang biasanya merupakan sahabat dan kerabat dekat. Dengan kisaran jumlah tamu antara 100-300 orang, bukan lagi ballroom luas yang dibutuhkan, namun biasanya beralih ke restoran atau function house yang kapasitasnya pun lebih sedikit.

Banyak pasangan pengantin memilih restoran sebagai venue, karena dianggap sebagai tempat tepat. Selain eksklusif, dengan menggelar pesta pernikahan di restoran yang umumnya sudah memiliki interior cantik dengan konsep kuat, sehingga pasangan pengantin terhindar dari biaya dekorasi yang tinggi. Mengingat dekorasi memegang peranan penting karena mampu membawa mood serta atmosfir pernikahan.

Namun perlu dingat, pemilihan restoran pun harus sesuai dengan konsep pernikahan yang diusung. Buat kamu yang mengusung konsep tradisional, saat ini ada beberapa restoran yang bertema tradisi, salah satunya tradisi Jawa. Di bawah ini beberapa restoran bertema Jawa yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menjadi venue pesta pernikahanmu.

1. Harum Manis

Restoran serba kayu ini terasa sangat homey, cocok untuk pesta kecil-kecilan yang ingin menonjolkan suasana keakraban keluarga. Nuansa Jawa sudah terlihat bahkan sebelum memasuki restoran. Sementara di bagian dalam, gebyok yang menghiasi salah satu dinding menghadirkan elemen Jawa yang begitu kental.

Foto: Dok. Istimewa

Harum Manis Restoran yang terbagi atas 2 private room dan 1 semi private room ini, sudah sering dipesan oleh calon pengantin yang tertarik dengan dekorasi bergaya Jawa Ningrat. Selain dekor, menu hidangannya pun banyak dipuji karena lezat dan sangat Indonesia. Bagi calon pengantin yang tertarik, ada dua jenis pilihan paket yang ditawarkan 285.000/pax++ dan 295.000/pax++ (min. 100 pax). Restoran yang terletak di kawasan Sudirman ini mampu menampung tamu sebanyak 300 orang (standing party) dan 154 orang (sitting table).

Alamat: Apartemen Pavilion, Jl. KH Mas Mansyur Kav. 24, Jakarta 10220

Tlp :(021) 57941727

2. Lara Djonggrang

Dari nama restoran yang terilhami Candi Lara Djonggrang atau yang lebih dikenal dengan Candi Prambanan yang terletak di Jawa Tengah, kita dapat mengetahui restoran ini memiliki ikatan dengan budaya Jawa. Pahatan batu Lara Djonggrang pun dapat kita temukan yang menjadi salah satu penghias interior. Selain unsur Jawa, restoran ini pun dipengaruhi budaya Cina yang jelas terlihat dari ornamen ukiran batu serta dominasi warna merah.

Penatacahayaan yang temaram, menguatkan nuansa romantis disertai perabotan klasik yang menggambarkan unsur Jawa tempo dulu. Lara Djonggrang yang beralamat di kawasan Menteng terbagi menjadi 3 section area. Calon pengantin dibebaskan memilih ruangan mana yang disukai dan cukup menampung tamu undangannya. Atau memilih mem-booking seluruh area dengan batas kapasitas hingga 275 orang (standing party), sementara sitting table mampu menampung sekitar 200 orang.

Foto: Dok. Istimewa

Untuk bujet sendiri, Lara Djonggrang memberi penawaran yang relatif terjangkau senilai Rp. 85.000.000++ ( 15% tax service) dengan banyak kelebihan. Di antaranya calon pengantin mendapat foto shoot pre-wedding selama 4 jam, food tasting untuk 6 orang dengan ketentuan sudah menandatangani surat persetujuan dan sudah membayar deposit 50%, pemakaian listrik untuk 1000 watt (jika ada penambahan listrik dikenakan charge Rp. 750.000++), dan terakhir calon pengantin mendapat 6 buah buku tamu dengan desain istimewa.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.4, RT.3/RW.2, Gondangdia, Menteng, Jakarta 10350

Tlp: (021) 3153252

3. Plataran Dharmawangsa Venue & Dining

Foto: Dok. Plataran Dharmawangsa Venue & Dining

Tidak hanya terkenal dengan venue yang bertema Jawa, Plataran pun memiliki restoran yang juga berdekorasi Jawa. Elemen Jawa jelas terlihat dari berbagai sisi dengan tambahan atap dari kaca yang memudahkan sinar matahari masuk. Restoran yang berkapasitas hingga 300 orang (standing party) dan 100 (sitting table) ini, memasang harga sekitar Rp. 150.000.000++ dengan fasilitas pemakaian seluruh area Plataran Dharmawangsa selama 4 jam serta makanan-minuman dalam bentuk prasmanan.

Alamat: Jl. Darmawangsa Raya No.6 Kebayoran Baru, Jakarta 12160

4. Tugu Kunstkring Palais

Tugu Kunstkring Palais menempati bangunan bekas markas Bataviasche Kuntskring yang dibangun pada masa penjajahan Belanda tahun 17 Mei 1914 silam. Sebagaimana bangunan bersejarah bekas Belanda yang berarsitektur kolonial, Tugu Kunstkring Palais tetap mempertahankan nuansa asli bangunan tersebut. Dengan memberi sentuhan Jawa pada bagian interiornya, sehingga siapapun yang datang dapat merasakan penyatuan dua budaya tersebut. Restoran dua lantai ini sudah berdiri kurang lebih 3 tahun yang juga sudah sering di-booking untuk merayakan pernikahan.

Foto: Dok. Istimewa

Jumlah kapasitas restoran yang satu grup dengan Lara Djonggrang di bawah Tugu Hotels & Restoran ini, pun cukup banyak. Masing-masing lantai mampu menampung 300 orang untuk standing party, sementara untuk sitting table 120-130 orang. Soal harga pun Tugu Kunstkring Palais termasuk standar restoran eksklusif, berkisar antara 131 juta ++ untuk setiap lantai. Sedangkan bagi pasangan yang ingin memesan kedua lantai, cukup menyediakan 250 juta ++.

Alamat: Jl. Teuku Umar No.1, Menteng, Jakarta 10350

Tlp: (021) 3900899

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP