Ketika calon istri Anda mempersiapkan diri untuk menjadi ‘ratu sehari’maka sudah sepantasnya Anda pun mempersiapkan tampilan layaknya seorang raja. Salah satu unsur utama dalam penampilan pengantin pria adalah jas pengantin. Berbeda dengan calon pengantin wanita, pria umumnya tidak terlalu memikirkan berbagai detail dalam pemilihan jas . Namun, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal mendasar dalam memilih jas pengantin sebelum menentukan pilihan.

“Ada dua hal utama yang harus dipertimbangkan, bujet dan tailor atau penjahit yang bagus”, saran Naresh V.Lalwani dari Diorama Tailor. Tentukan bujet yang dialokasikan untuk jas pengantin, ini akan mempermudah Anda dalam menentukan tailor mana yang sesuai dengan bujet. Untuk tampilan jas yang sempurna, sebaiknya pertimbangkan bujet untuk membeli jas daripada menyewa. Jas yang dibuat khusus untuk Anda akan memberikan potongan yang sesuai dan memberikan kenyamanan serta percaya diri untuk tampil di hari bahagia.

Menemukan tailor dengan kualitas baik juga tidak kalah penting, “tailor yang baik dapat memberikan saran terbaik dari segi warna, bahan dan model yang sesuai untuk Anda”, papar Naresh. Berikut adalah beberapa pertimbangan lain dalam memilih jas yang sebaiknya Anda ketahui:

Basic Style Jas

Berdasarkan model kerah (lapel), ada 3 gaya dasar jas:

1.Kerah (lapel) Notch

Model kerah yang paling umum ditemukan, sering dikenakan pada jas untuk keperluan bisnis. Tampilannya simpel dan berkesan kasual, namun bisa juga dikenakan untuk acara formal.

2.Kerah (lapel )Peak

Untuk tampilan yang lebih elegan, ini merupakan pilihan model kerah yang sesuai untuk acara formal .

3.Kerah (lapel) Shawl

Umumnya ditemukan pada tuksedo dan berkesan lebih mewah karena bentuknya yang berbeda dan terbuat dari satin atau sutera.

Jenis Cutting

Untuk tampilan jas yang sempurna, sesuaikan jenis cutting dengan bentuk tubuh Anda.

Regular Fit

Untuk mereka yang memilih gaya klasik dengan potongan nyaman, dimana ada ruang untuk ektra pergerakan. Potongan ini sesuai bagi mereka dengan tipe badan yang lebih besar dibandingkan rata-rata.

Slim Fit

Bila Anda termasuk pria dengan potongan badan ramping maka potongan ini sesuai untuk Anda.

Tailored Fit

Potongan yang berada di antara regular fit dan Slim Fit, lebih luwes dengan ruangan yang lebih banyak untuk pergerakan.

Kenyamanan

Selain terlihat memukau, jas yang Anda kenakan juga sebaiknya memberikan kenyamanan ketika dikenakan. Oleh karena itu, luangkan waktu yang cukup untuk proses pembuatan jas hingga terasa pas di badan dan nyaman dikenakan. Naresh menyarankan untuk pembuatan jas dengan kualitas yang baik memerlukan waktu setidaknya 2 sampai 3 bulan.

Aksesori

Sepatu, pocket square, kancing manset, suspender adalah beberapa jenis aksesori yang dapat Anda kenakan untuk memberikan sentuhan pribadi pada penampilan Anda. Sebaiknya tidak memakai aksesori berlebihan karena justru akan membuat tampilan keseluruhan menjadi kurang elegan. “Selalu simpel dalam cara bergaya”, pesan Naresh. “Jas pengantin adalah jas formal dengan tampilan yang elegan dan minimal”.

Teks : Leyla Fawzia

Foto : Dok. Pinterest

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP