Tugas Panitia Keluarga

Kesibukan yang melanda kerap membuat pasangan calon pengantin menggunakan jasa wedding planner atau wedding organizer dalam mempersiapkan pernikahan. Akan tetapi, tak jarang mereka juga meminta bantuan pihak keluarga untuk ikut terlibat. Dengan demikian akan ada dua tim yang terlibat, keluarga dan wedding planner atau wedding organizer.

Baca juga: Jadikan Keluarga Sebagai Panitia Pernikahan, Libatkan Orang Tercinta Di Hari Istimewa

Dilihat dari segi jumlah, tentu keberadaan dua tim ini lebih menguntungkan karena akan lebih banyak orang yang membantu Anda. Namun bukan berarti tidak ada resiko. Tanpa komunikasi yang baik bukan tidak mungkin terjadi kesalahpahaman bahkan perselisihan antara panitia keluarga dengan wedding planner atau wedding organizer. Oleh karenanya, perlu adanya pembagian tugas yang jelas, selain tentu saja komunikasi yang baik antara kedua tim sebelum hari-H.

Dalam artikel kali ini kami sengaja memilihkan peran atau tugas apa saja yang biasanya dikerjakan pihak panitia keluarga. Dan untuk mengantisipasi kesalahpahaman, bagikan juga informasi ini kepada pihak wedding organizer.

  • Among Tamu

Tugas sebagai among tamu biasanya diemban oleh sepasang suami-istri yang merupakan keluarga atau kerabat pasangan pengantin, yang telah berkeluarga. Terdiri dari empat hingga enam pasang, among tamu juga berperan sebagai penyambut tamu yang datang serta menandai siapa saja tamu yang telah hadir.

  • Pembaca Bacaan Dalam Akad Nikah

Dalam tata cara pernikahan Islam, ada seseorang yang membaca ayat Al-Quran dan terjemahannya di tengah proses akad nikah. Nah pilihlah kerabat atau teman yang sekiranya lancar dan merdu dalam membaca ayat suci Al-Quran.

  • Melepas Simbol Usai Pernikahan

Penikahan usai biasanya ditandai dengan simbol-simbol seperti pelepasan balon atau sepasang merpati, atau pengguntingan pita. Untuk memastikan agar acara tersebut berjalan baik, pilihlah satu orang keluarga atau sahabat sebagai koordinator untuk memastikan acara tersebut.

  • Pembawa Acara Akad Nikah dan Resepsi

Dalam sebuah keluarga besar tak jarang ada salah satu anggota keluarga yang biasa berbicara di depan umum. Tak ada salahnya Anda meminta bantuan orang tersebut untuk menjadi MC pada acara pernikahan Anda. Setidaknya untuk acara akad nikah yang biasanya lebih bersifat lebih intim dan kekeluargaan.

  • Usher

Banyaknya jumlah tamu yang datang menjadi alasan mengapa Anda memerlukan usher yang akan mendampingi para tamu. Usher bertugas mengantarkan para tamu untuk menuju tempat akad nikah atau resepsi. Bila akad nikah dan resepsi dilakukan pada waktu yang berdekatan dan di area lokasi yang sama, usher juga bertugas mengarahkan para tamu dari tempat akad nikah menuju tempat resepsi. Untuk tugas sebagai usher ini terkadang dilakukan juga oleh pihak wedding organizer. Sekali lagi, harus ada pembagian yang jelas agar tidak terjadi tumpang tindih pekerjaan.

Foto: Mottomo Photography

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP