Blog + Ideas

6 Tips Memilih Venue Pernikahan

by   5112
 

Seusai acara lamaran, ketika tanggal pernikahan telah ditetapkan, salah satu hal penting yang harus Anda siapkan adalah menentukan venue atau tempat akan digelarnya pesta pernikahan Anda. Bukan sesuatu yang mudah tentunya, tapi sebaiknya tidak mengulur waktu. Karena setelah Anda mendapatkan venue yang tepat, sesuai dengan keinginan, akan lebih mudah untuk mempersiapkan hal-hal lainnya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan venue terbaik sesuai konsep impian.

  • Tentukan konsep dan budget

Penting untuk terlebih dulu menentukan konsep yang akan Anda gunakan untuk pernikahan Anda. Apakah akan digelar secara outdoor atau indoor? Apa tema yang akan digunakan? Diskusikan dengan pasangan tema dan konsep yang Anda berdua inginkan. Tak ada salahnya juga minta masukan dari kedua belah pihak orang tua, mengingat bukan hanya teman-teman Anda berdua yang akan diundang, kerabat, sanak saudara, juga rekanan bisnis orang tua biasanya masuk dalam daftar tamu undangan. Tentukan juga budget yang akan dikeluarkan untuk venue. Setelah Anda mengetahui dengan jelas konsep pernikahan dan budget yang tersedia, jumlah pilihan venue yang begitu banyak pun bisa Anda perkecil. Sehingga Anda tak perlu datang ke banyak tempat untuk survey lokasi.

  • Lokasi venue

Menggelar pesta pernikahan tentu berarti Anda ingin berbagi kebahagiaan dengan kerabat. Karenanya, usahakan memilih venue yang tidak terlalu sulit dijangkau. Untuk pesta pernikahan outdoor memang terkadang lokasinya sedikit jauh dan bukan di tengah kota. Bila Anda sudah sangat jatuh cinta pada venue tersebut, perkirakan waktu perjalanan yang harus ditempuh para tamu ke lokasi pernikahan Anda. Lalu sesuaikan dengan waktu dimulainya pesta, untuk menghindari para tamu datang terlambat ke pesta Anda.

baca juga : 5 Venue Bersejarah Untuk Resepsi Pernikahan

  • Fasilitas

Sebelum Anda putuskan untuk memesan salah satu venue, terlebih dulu datang dan lihat lagi venue yang Anda inginkan. Tanyakan fasilitas apa saja yang disediakan. Tanyakan setiap detil yang perlu untuk Anda ketahui. Seperti, apakah tanggal yang Anda inginkan masih available? Apakah ada biaya lain yang harus dikeluarkan? Berapa lama waktu yang diijinkan untuk mempersiapkan dekorasi? Jangan lupa tanyakan juga mengenai back-up plan. Misalnya jika listrik padam, apakah ada persediaan pembangkit listrik. Sementara untuk konsep outdoor, tanyakan apakah ada tempat yang bisa digunakan ketika hujan turun. Selain itu, bila Anda berniat mengundang banyak tamu, pastikan venue yang Anda pilih memiliki tempat parkir yang memadai.

  • Vendor Rekanan

Beberapa venue memiliki kerjasama dengan beberapa vendor rekanan, baik itu katering, dekorasi, hingga fotografi dan lainnya. Venue yang memiliki vendor rekanan biasanya mengharuskan kita menggunakan jasa vendor rekanan tersebut bila ingin menggelar pernikahan di sana. Pelajari dengan teliti para vendor yang menjadi rekanan venue tersebut. Pastikan mereka memiliki rekam jejak yang baik. Namun bila Anda sudah memiliki pilihan sendiri dan ingin menggunakan jasa vendor tersebut, tanyakan apakah ada konsekuensinya? Biasanya ada biaya yang harus dibayarkan. Apabila tidak memungkinkan untuk tetap menggunakan jasa vendor pilihan Anda, maka sebaiknya beralih ke venue lain yang tidak memiliki kerjasama dengan rekanan, atau justru rekanan dari vendor tersebut.

  • Pesan Segera

Bila Anda sudah menemukan venue yang tepat, booking atau pesanlah venue sesegera mungkin. Menurut keterangan para pengurus venue, calon pengantin biasanya memesan sekitar 12 bulan sebelum acara. Jadi kalau Anda menunggu dan mengulur-ulur waktu, bukan tidak mungkin tanggal yang tadinya masih kosong sudah diisi oleh calon pengantin yang lain, ketika Anda memutuskan untuk memesan. Akibatnya, Anda harus mencari lagi venue yang lain yang mungkin tidak sesuai dengan bayangan Anda semula. Harga venue juga cenderung lebih murah dibandingkan memesan ketika acara sudah dekat.

  • Sebisa mungkin lakukan technical meeting di venue yang Anda pesan, sehingga para vendor dapat mempelajari venue tersebut sebelum hari–H. Terakhir, datanglah ke venue 1-2 hari sebelum acara. Sekedar untuk memastikan segalanya berjalan dengan sempurna.

baca juga : Pilih Tanggal Cantik Atau Venue Unik?, Let's Get The Right Venue

Foto: Dok. Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Wedding Venue, persiapan pernikahan

LEAVE A COMMENT

Go to top