Baju Kurung, Opsi Lain Busana Lamaran untuk Hijabers

Baju kurung dapat menjadi alternatif busana lamaran bagi para hijabers yang ingin menjaga bentuk tubuhnya tampak samar tidak terlalu membentuk tubuh. Baju kurung khas Minang dan Melayu pun termasuk jenis kebaya yang kini menjadi salah satu opsi lain yang dapat digunakan hijabers yang ingin tetap mengangkat unsur tradisional. Apabila selama ini busana lamaran yang paling sering dipakai kebaya, baju kurung menjadi opsi tambahan yang sejalan bagi para hijaber untuk tampil cantik tanpa harus menampakkan siluet tubuh.

Ada begitu banyak model baju kurung yang hampir seluruhnya mempesona untuk dimiliki. Permainan garis potong dan detail menjadi cara yang dapat mengubah baju kurung dapat lebih diterima di dunia modern saat ini. Untuk menambah referensi yang sudah dimiliki tidak ada salahnya menyimak beberapa potong baju kurung berikut ini sebagai alternatif lain.

  • Bahan bercorak dan permainan asimetris
    Baju kurung merupakan busana tradisional Melayu yang tersebar di Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Thailand Selatan hingga Indonesia yang dikenakan suku Melayu dan Minangkabau. Sama seperti kebaya yang telah mengalami modifikasi, baju kurung pun mengalami hal serupa. Dari segi bentuk baju kurung yang biasa berpotongan loose, dapat divariasikan dengan asimetris seperti baju kurung di atas. Tambahan detail yang penuh mirip kebaya tentu akan menambah keindahannya yang dapat berpadu dengan hijab panjang atau dapat diganti dengan hijab persegi agar lebih simpel.

    Dalam material bahan pun dapat dieksplorasi untuk menghasilkan baju kurung yang berbeda. Contohnya baju kurung berbahan motif serupa sisik ikan membuatnya tidak memerlukan banyak detail yang sudah dilakukan dari motif bahan itu sendiri. Siluetnya pun tidak perlu terlalu banyak diubah, bagian lengan cukup dibentuk lonceng.

  • Akulturasi dan pastel
    Baju kurung juga dapat berdampingan dengan fashion modern seperti peplum. Sehingga memperkaya wujud baju kurung yang juga dapat disilangkan dengan siluet maupun detail lainnya yang sedang musim semisal penggunaan drapery agar bervolume. Atau tetap mempertahankan bentuk orisinil baju kurung, tetapi agar terlihat modern sentuhan detail dapat diterapkan mengikuti tepi baju kurung dengan detail bunga 3D warna-warni tanpa terlihat berlebihan.

    Lagi-lagi warna ikut andil besar pada penampilan, dan warna pastel yang lebih digemari sepakat dipilih hampir kebanyakan pasangan. Di samping untuk menghindari warna bold yang terlalu menonjol, warna pastel jauh lebih meneduhkan dan cocok pada hampir semua pigmen kulit Asia khususnya yang kecoklatan hingga kuning langsat.

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP