Cari Tahu Kenapa Bunga Anemone Populer di Pernikahan Negara Barat

Memiliki 120 spesies, bunga anemone bermahkota putih lebih sering dipilih untuk mendekorasi pernikahan. Kombinasi warna mahkota yang berwarna putih kontras dengan putiknya yang berwarna hitam menjadi daya tarik bunga impor yang memiliki nama lain, windflower. Uniknya sebutan bunga anemone berasal dari bahasa Yunani, anemos yang bermakna angin dan akhiran -one yang merujuk pada seorang anak perempuan. Secara lengkap anemone dapat dimaknai, tiupan angin seorang anak perempuan yang menjadi sebutan lain bunga anemone yakni windflower.

Di luar filosofi negatif bagi bangsa Mesir dan Cina yang menganggap anemone sebagai simbol buruk yang bertolak belakang bagi bangsa Eropa yang mempercayai bunga anemone sebagai simbol perindungan. Tidak mengurangi antusias para calon pengantin menggunakan bunga anemone pada berbagai komponen pernikahan yang dapat disimak langsung seperti di bawah ini.

1. Wedding cake
Apabila tema warna wedding green mint, sentuhan bunga anemone tetap dapat diterapkan seperti pada salah satu wedding cake di atas. Paduan bunga lain juga dapat diterapkan yang menemani bunga anemone dengan kesamaan mahkota putih yang bertabur di ketiga lapisnya. Ingin lebih bermotif, bunga anemone juga cocok dipasangkan pada kue bermotif garis dengan warna berbeda setiap tingkatnya. Kehadiran anemone senada dalam warna sekaligus menonjol pada warna gold.

2. Hand bouquet
Tidak memedulikan makna negatif yang dipercaya bangsa Mesir dan Cina, bunga anemone tidak kehilangan kecantikannya yang memikat banyak pengantin wanita untuk menjadikannya sebagai hand bouquet. Warna mahkota putihnya begitu pas sewarna dengan gaun putih yang dikenakan umumnya pengantin wanita. Sehingga bunga anemone yang digenggamnya memberi kesan elegan tanpa perlu mengikutsertakan bunga lainnya. Untuk lebih memberi rona warna, bunga anemone juga dapat dirangkai dengan mawar kemerahan serta peony soft pink yang membuat semakin semarak.

3. Boutonnieres
Tidak hanya hand bouquet agar serasi pengantin pria juga dapat menyematkan anemone sebagai boutonnieres. Baik sekuntum anemone dengan atau tanpa tambahan kuncup bunga lain yang tidak akan mengurangi kegagahan pengantin pria di hadapan para tamu.

4. Hand bouquet para bridesmaid
Agar lebih kompak dengan para bridesmaid, mereka pun perlu hand bouquet dengan komposisi bunga yang hampir sama. Anemone, contoh bunga yang dapat dipilih untuk menyelaraskan hand bouquet pengantin dengan hand bouquet bridesmaid meskipun harus ada yang membedakan agar hand bouquet pengantin lebih istimewa.

5. Table flower
Bunga anemone juga dapat memperindah meja setiap tamu sebagai table flower atau centerpiece yang diletakkan di tengah meja. Pilihannya, merangkai anemone dalam vas atau menambahkan berbagai bunga agar lebih mewah.

Foto: Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP