Mengenakan Dasi Kupu-Kupu. Kenapa Tidak?

Pernahkah terbayang jika calon pengantin wanita punya banyak pilihan untuk menentukan gaun pengantin idaman yang akan ia kenakan, meskipun semakin banyak pilihannya juga akan semakin membingungkan. Sementara calon pengantin pria hanya punya tiga pilihan untuk memilih jas pengantinnya: tuxedo, jas pengantin, atau jas model bisnis yang dikenakan saat menikah. Bedanya apa? Tentu Anda sudah mengetahui seperti apa bentuk tuxedo. Jas Pengantin adalah jas yang didesain khusus bagi hari menikah Anda, modelnya mungkin dapat berbeda dan dasi yang menghiasnya pun berbeda. Jas model bisnis adalah jas seperti biasa dimana Anda bisa menggunakan dasi biasa atau dasi kupu-kupu sebagai penghias. Mengenakan dasi kupu-kupu? Kenapa tidak.

Menilik sejarahnya, dasi kupu-kupu pertama kali dipopulerkan oleh para bangsawan Perancis yang kemudian sekarang ini berkembang menerobos dunia fesyen pria. Sehari-hari, tidak semua pria yang berjas mengenakan dasi kupu-kupu, tapi dasi ini bisa memberikan kesan formal dan juga gentleman bagi para pemakainya. Dan, oleh karena itu dasi kupu-kupu atau bow tie pun menjadi salah satu aksesori para pengantin pria di hari pernikahannya.

Tipe Dasi Kupu-Kupu

Karena popularitasnya, Anda bisa membeli bow tie dimana-mana. Pada dasarnya ada tiga macam dasi kupu-kupu: self tie, clip-on,dan pre-tied. Self-tie adalah dasi kupu-kupu yang Anda buat sendiri. Karena cara memakainya agak berbeda dengan dasi biasa yang lebih umum, maka butuh waktu untuk bisa menampilkan ikatan yang sempurna. Anda perlu berlatih dulu dan tentunya akan memakan waktu. Clip-on adalah dasi kupu-kupu dengan kaitan. Dasi kupu-kupu model ini memang mudah dikenakan tapi terkadang terlihat tidak pas dan beresiko terlepas saat beraktivitas. Yang terbaik adalah pre-tied bow tie dimana Anda hanya mengaitkan tali yang tersedia di belakang kerah kemeja Anda.

Bentuk Dasi Kupu-Kupu

Pilihlah dasi kupu-kupu yang tidak terlalu besar yang cocok dikenakan pada kerah kemeja standar. Pilihlah kemeja dengan kerah bersayap yang cocok untuk dasi kupu-kupu (winged collar).

Bahan dan Corak

Dasi kupu-kupu berbahan satin bercorak polos adalah pilihan teraman bagi Anda yang ingin tampil klasik. Namun, ada banyak corak yang akan membuat Anda lebih stylish, seperti: polka dots, stripes, paisleys, bahkan dengan corak batik.

Warna yang Tepat

Sesuaikan warna dasi kupu-kupu Anda dengan warna jas yang Anda kenakan. Dan, warna yang paling klasik dan netral adalah hitam atau putih. Kuncinya adalah jangan memilih warna yang terang sehingga mata orang akan tertuju pada dasi kupu-kupu Anda. Pilihlah warna yang netral karena dasi kupu-kupu adalah untuk menunjang penampilan Anda.

Dasi kupu-kupu juga bisa digunakan oleh para groomsmen, dan untuk para groomsmen, pemilihan warna dasi kupu-kupu biasanya diseuaikan dengan warna gaun para bridesmaids atau mengikuti warna dekorasi sehingga semuanya akan terlihat serasi.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP