Myrtle Putih, Buket Bunga Wajib Di Pernikahan Keluarga Kerajaan

Hand bouquet atau buket bunga merupakan aksesori yang hampir selalu ada di pesta pernikahan dengan konsep Eropa. Namun tahukah Anda jika keluarga Kerajaan Inggris punya tradisi khusus untuk buket bunga pernikahan dari para anggota keluarga mereka?

Sejak tahun 1947, ada tradisi untuk menggunakan bunga myrtle dalam hand bouquet pengantin Kerajaan Inggris. Hal ini dilakukan dalam beberapa royal wedding seperti Putri Eugene dan Jack Brooksbank, juga ibu Eugene yaitu Sarah Ferguson dengan Pangeran Andrew. Tradisi ini juga dilakukan oleh Putri Diana, Kate Middleton dan Meghan Markle, semua membawa buket bunga yang dilengkapi dengan myrtle.

Kenapa bunga myrtle yang dipilih menjadi bunga wajib dalam buket pernikahan kerajaan Inggris? Bunga myrtle putih yang digunakan pun bukan sembarangan. Bunga ini myrtle putih ini harus dipetik dari tanaman semak myrtle di halaman Osbourne House, salah satu properti milik kerajaan Inggris yang dulu digunakan sebagai rumah liburan Ratu Victoria di Isle of Wight.

Kenapa bunga myrtle yang dipilih jadi bunga wajib dalam buket pernikahan kerajaan Inggris? Tidak sembarangan, bunga myrtle yang digunakan harus bunga myrtle putih yang dipetik dari tanaman semak myrtle di halaman Osbourne House, salah satu properti milik kerajaan Inggris yang dulu digunakan sebagai rumah liburan Ratu Victoria di Isle of Wight. Semak myrtle ini ditanam dari buket bunga milik Ratu Elizabeth II pada tahun 1974, yang hingga kini masih tumbuh dengan sangat lebat dan dirawat dengan baik.

Melambangkan cinta, kesuburan serta kepolosan seorang wanita, bunga myrtle ini lazim digunakan dalam ritual pernikahan Bangsa Romawi. Sementara dalam Kerajaan Inggris, tradisi ini diawali pada tahun 1858 saat Ratu Victoria menikah. Saat sang ratu berkuasa, bunga ini seolah menjadi kewajiban untuk dibawa oleh putri kerajaan yang menikah. Putri Beatrice, putri bungsu Ratu Victoria pun membawa bunga ini pada pernikahannya. (WS)

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP