Ragam Warna Busana Pengantin dan Makna Dibaliknya

Foto : Dok. Anissa & Ipam

Pada pernikahan berkonsep international, kebanyakan pengantin wanita masih mengenakan busana pengantin berwarna putih. Namun pada pernikahan tradisional, pasangan pengantin bisa saja mengenakan busana dalam beragam warna.


Tentu saja pemilihan warna tersebut bukan tanpa pertimbangan, ada makna tersendiri dibalik warna-warna tersebut yang membuat calon pengantin memilihnya. Berikut sejumlah pilihan warna busana pengantin dan makna yang terkandung di dalamnya.

Foto : Dok. Rania& Dwi


Putih
Selain bermakna suci, putih juga berarti elegan, cahaya, kebaikan, kepolosan, kemurnian, keperawanan, dan sebagai lambang kesempurnaan. Mengenakan busana pengantin berwarna putih juga berarti penuh dengan kesakralan dan juga sebagai pertanda membuka kehidupan baru sebagai pasangan suami istri yang dimulai dengan lembaran putih yang masih kosong. Tak heran jika warna ini masih menjadi pilihan paling popular.

Foto : Dok. Annie & Timur


Hitam
Warna hitam biasanya dipadankan dengan emas. Perpaduan dua warna ini bermakna anggun dan gemerlap, penuh wibawa dan bijaksana. Biasanya, warna ini banyak dipilih oleh mereka yang mengenakan busana adat Jawa. Namun, kini banyak juga gaun pengantin yang sengaja dirancang berwarna hitam. Meski banyak orang beranggapan warna ini kurang tepat dikenakan pada acara pernikahan, namun faktanya warna hitam tak mengurangi makna sakral dari pernikahan itu sendiri.


Merah Muda
Merah muda yang identik dengan feminin. Warna ini mengandung makna kepolosan, manja, kesegaran, kemurnian, kesehatan dan hidup yang baik. Warna ini juga menunjukkan cinta yang sedang mekar-mekarnya sebagai pengantin baru. Pemilihan warna merah muda biasanya dipadupadankan dengan silver sehingga menambah kesan anggun dan elegan.

Foto : Dok. Devita & Abi

Kuning
Warna ini menyimpan sebuah kehangatan persahabatan dan kedekatan, serta kebahagiaan yang terpancar dari cerah warnanya. Untuk busana pengantin, warna kuning yang disarankan adalah lemon, atau soft yellow.

Hijau
Busana pengantin berwarna hijau mengandung makna memberi kesehatan dan keberuntungan. Hal ini merupakan harapan dari mempelai agar pernikahan yang akan dijalani sehat dan penuh keberuntungan. Selain itu, hijau juga memberi nuansa kesejukan dan juga kesegaran.

Foto : Dok. Keshia & Fadhil

Biru
Biru mempunyai makna ketenangan dan kedamaian. Warna ini juga menunjukkan kefemininan, kehidupan, kemurnian, sama seperti apa yang ditunjukkan oleh air. Biru juga bermakna stabilitas, keamanan, dan hidup yang panjang umur. Pasangan yang memilih biru sebagai warna busana pengantin berharap agar kehidupan pernikahannya kelak penuh dengan ketenangan, rasa damai dan juga langgeng.


Foto : Dok. Fira & Adit

Merah
Merah dianggap warna keberuntungan, membuka banyak peluang dan menunjukkan kalau pengantin yang memilih warna ini suka dengan tantangan, penuh percaya diri dan tak takut akan rintangan yang akan dihadapi setelah menjadi suami-istri nantinya. (SW)

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP