Tampil dengan Makeup Natural ala Meghan Markle di Hari Istimewa

Meski sudah lewat beberapa waktu, namun Royal Wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle masih menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah makeup natural Meghan yang mengundang perbincangan dari banyak pihak. Beberapa orang beranggapan makeup Meghan terlalu sederhana untuk sebuah pernikahan, terutama Royal Wedding. Sebagian lagi beranggapan riasan tersebut sudah sempurna, menampilkan kecantikan sang pengantin di hari bahagianya.

Untuk itu, Weddingku mencoba mencari masukan dari dua makeup artist terkenal dan berpengalaman, Adi Adrian dan Irwan Riady. Bagaimana pendapat mereka mengenai makeup natural Meghan? Bagaimana pula bila calon pengantin di Indonesia ingin tampil dengan konsep yang sama? Apakah sesuai bila diaplikasikan pada wanita Indonesia yang kebanyakan memiliki kulit berwarna kecoklatan? Berikut tanggapan mereka.

Adi Adrian

Sebagai makeup artist yang berpengalaman merias pengantin tradisional maupun internasional, Adi Adrian berpendapat kalau rias wajah Meghan Markle sudah sangat sesuai dengan pesta pernikahan yang digelar pada siang hari dengan konsep outdoor. “Bayangkan bila Meghan saat itu menggunakan foundation dan bedak tebal, lalu terpapar sinar matahari, tentu akan terlihat kurang cantik, terutama saat difoto,” papar Adi yang lalu menambahkan bahwa makeup natural ini juga tepat untuk diaplikasikan pada seremoni pernikahan di gereja atau di masjid, dimana biasanya pengantin wanita mengenakan busana putih.

Menganut konsep flawless dan natural makeup sejak awal karir, Adi menuturkan bahwa dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan untuk menghasilkan makeup seperti itu. Setiap area wajah harus benar-benar diperhatikan, aplikasi pelembab, base, blush-on, harus rata dan tipis layer demi layer untuk mendapatkan hasil yang begitu cantik dan glowing. Pemasangan bulu mata, eye liner, juga alis harus rapi tanpa ada salah sedikitpun.

Meski belum popular, rias wajah natural ini sebenarnya sudah sering diaplikasikan di Indonesia. Baik di Jakarta ataupun di Bali yang memang lebih akrab dengan konsep natural wedding. “Konsep makeup ini cocok untuk semua jenis kulit, juga untuk kulit gelap seperti kebanyakan wanita Indonesia. Seperti Meghan yang berdarah campuran, kulit wanita Indonesia justru akan terlihat glowing dengan konsep ini,” papar Adi.

“Kecenderungan pengantin sekarang ini adalah tampil apa adanya, sesuai dengan karakter diri sendiri. Karena mereka tak ingin terlihat aneh saat menikmati hasil foto atau video pernikahan sekian tahun ke depan. Karenanya makeup natural mulai diminati terutama untuk acara pagi dan siang hari. Untuk acara malam, biasanya mereka ingin yang lebih berwarna,” tambah Adi.

Irwan Riady

Pendapat yang kurang lebih sama diutarakan oleh Irwan Riady, makeup artist senior yang lebih sering menangani pengantin tradisional. Menurut Irwan, typical wajah Meghan sangat cocok dengan makeup natural. “Saya kira Meghan ingin menjadi diri sendiri saat hari pernikahannya. Pilihan yang tepat menurut saya, menghasilkan makeup yang sesuai dengan karakter wajah dan kepribadiannya.”

Dalam bayangan orang Indonesia, pengantin akan tampil `manglingi` saat hari pernikahan, terutama royal wedding. Tapi menurut Irwan, pangling atau tidak itu kembali kepada aura masing-masing pengantin. Ada yang sudah tampil dengan rias wajah tebal tapi auranya tidak keluar, ada juga yang hanya dipoles sederhana tapi karena auranya bagus penampilannya pun jadi luar biasa.

"Kebanyakan orang Indonesia itu menganggap bahwa makeup pengantin harus `mangling` dan tebal, kalau bisa semua makeup ditumpahkan ke wajah..hehehe…padahal di zaman now ini sudah banyak pengantin yang ingin tampil natural. Jadi sah-sah saja apabila gaya makeup seperti Meghan tersebut diaplikasikan pada pengantin Indonesia, asalkan disesuaikan dengan karakter dan wajah si pengantin serta busana yang dikenakan," jelas Irwan.

Ketika ditanyakan pendapatnya mengenai aplikasi makeup natural ini untuk kulit wanita Indonesia, Irwan menjawab, "Selama pemilihan warna foundation, eye shadow dan lipstick tepat dan cocok dengan kulit Asia terutama wanita Indonesia, saya rasa akan cantik hasilnya. Kembali lagi, makeup untuk wedding harus disesuaikan kepada karakter serta keinginan si pengantin itu sendiri.”

Kesimpulannya, bagi Anda yang juga ingin tampil natural dan glowing seperi Meghan Markle di hari istimewa, sah-sah saja kok. Asal, seperti kata Irwan Riady, pemilihan warna dan aplikasinya harus tepat dan disesuaikan dengan karakter wajah dan kepribadian masing-masing.

Foto : Dok. Istimewa

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP