Sehat Sekejap! Ini Panduan Diet Jelang Pernikahan

Foto: Freepik


Hanya sedikit calon pengantin yang kurang peduli dengan penampilan mereka saat pernikahan. Mau disangka gendutan atau kurusan, calon pengantin ini akan tetap percaya diri dengan tubuh mereka. Namun, sebagian besarnya lagi selalu ingin tampil maksimal dan sempurna.


Saya mulai gendut nih! Pokoknya harus diet, biar nanti kelihatan langsing di hari pernikahan.”


Hal tersebut seringkali terucap dari mulut calon pengantin. Tapi jangan salah menilai diet dengan tidak makan ya, karena pengertian diet adalah mengkonsumsi dan mengatur makanan dengan jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan badan. Diet bisa digunakan untuk Anda yang ingin menambah atau menurunkan berat badan hingga menjaga makan dan menjaga kesehatan badan.


Intinya, diet adalah untuk orang-orang yang ingin hidup sehat dan teratur. Untuk itu, berikut beberapa diet sehat yang bisa Anda lakukan jelang pernikahan.


Diet Dash
Diet ini sangat cocok bagi Anda penderita tekanan darah tinggi karena bisa menurunkan tekanan darah. Caranya, Anda hanya perlu mengkonsumsi buah sayur, gandum utuh, protein tanpa lemak dan menyantap makanan rendah garam lainnya. Bagi Anda yang ingin melakukan diet ini, hindarilah lemak jenuh, minuman manis, permen dan minyak. Bonusnya, Anda bisa mengatasi masalah bentuk tubuh yang mengganjal.


Weight Watchers
Diet ini sering digandrungi oleh selebriti dunia. Anda bisa mengkonsumsi makanan apapun yang disukai, hanya saja akan dinilai dari poin yang Anda makan dengan satuan kalori. Semakin tinggi kalori yang Anda konsumsi, semakin tidak sehat makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda.


Diet Mediteranian
Diet ini berasal dari kebiasaan makan orang-orang Mediteranian yang sudah terkenal dengan kesehatan dan umur panjangnya. Mereka sering sekali mengkonsumsi buah, sayuran, lemak ikan, kacang dan zaitun.


Diet Flexitarian
Diet ini adalah gabungan dari fleksibel dan vegetarian. Caranya dengan memakan aneka produk vegetarian untuk mendapatkan kesehatan yang prima. Namun, Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi daging, hanya saja dalam jumlah yang terbatas.


Therapeutic Lifestyle Changes (TLC)
Diet ini disebut juga dengan perubahan pola hidup yang meliputi kebiasaan makan dan olahraga. TLC dilakukan dengan diet lemak untuk menurunkan kolesterol. Anda juga diharuskan untuk berhenti merokok karena merokok mampu mengubah kolesterol LDL menjadi endapan di dinding arteri.


Dari poin-poin di atas, diet mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Terpenting, jangan berlebihan dalam melakukan berbagai hal walaupun hal tersebut dianggap sehat karena apapun yang dilakukan secara berlebihan, tidak akan menyehatkan. Selamat menuju sehat!

LEAVE A COMMENT

BACK
TO TOP